City Guide

10 Kartu Pintar untuk Transportasi Mudah dan Murah di Jepang

On 19 December 2016 - 3:48pm

Jepang kini menjadi salah satu destinasi populer di kalangan wisatawan Indonesia. Meskipun dana yang harus dikeluarkan untuk berlibur ke negeri sakura ini tergolong mahal, pelancong tak patah semangat mengingat keindahan dan pengalaman berharga yang akan didapatkan nanti di sana.

Nah, kalau kamu adalah salah satu dari mereka, kamu perlu tau soal IC Card (integrated circuit card) sebelum memutuskan untuk berangkat. IC Card adalah sejenis kartu pintar khusus transportasi yang akan memudahkanmu keliling kota dengan cepat tanpa perlu repot beli karcis. Yang kamu butuhkan cuma menempelkan kartu pada card reader di gerbang selama satu detik dan kamu pun langsung bisa masuk ke kereta, bus kota atau bahkan tram. Sayangnya untuk shinkanshen dan higway bu, kamu harus beli tiket manual ya.

Kartu ini bisa diisi ulang dan bisa didapat dengan mudah di semua ticket counter atau ticket machine di Jepang. Enaknya lagi, kartu ini kini dapat digunakan sebagai uang elektronik (atau kartu debit) untuk membayar di vending machine, supermarket, toko dan restoran berlogo IC Card.

Secara umum, ada sepuluh jenis IC Card yang beredar di Jepang. Pada dasarnya kartu-kartu ini bersifat lokal, artinya satu jenis kartu hanya valid di area tertentu dan tidak dapat dipakai di area lain. Tapi sebenarnya penggunaan kartu ini berskala nasional dengan syarat dan ketentuan yang perlu dipelajari lebih jauh tentunya.

Untuk sekarang, hal pertama yang perlu kalian tau adalah apa saja sih 10 jenis IC Card yang ada di Jepang? Dan area mana saja yang menjadi ruang lingkup tiap kartu?

 

1. Suica




 

Kartu Suica dikeluarkan oleh perusahaan perkereta apian nasional Jepang bagian timur yang juga disebut JR East. Sesuai namanya ya, Suica hanya dapat digunakan di area Tokyo, Niigata dan Sendai. Tidak hanya kereta, kamu juga bisa bayar tiket subway dan bus kota di tiga area tersebut dengan kartu ini.

 

2. Pasmo




 

Pasmo ini pada dasarnya dapat digunakan sebagai pengganti Suica. Bedanya, Pasmo dikeluarkan oleh operator perkereta apian Tokyo (Tokyo Metro), bukan oleh Japan Railway. Area ruang lingkup utamanya tentu saja kota Tokyo dan sekitar. Namun Pasmo juga bisa digunakan di 9 area lain termasuk Osaka, Kyoto dan Fukuoka. Kmau bisa menggunakan kartu ini untuk subway, bus dan tram.

 

3. Icoca




 

Pastika memiliki Icoca Card sebelum kamu memutuskan untuk keliling area Osaka, Okayama dan Hiroshima. Kartu ini dikeluarkan oleh perusahaan JR West dan berlaku untuk seluruh kereta JR, beberapa kereta non-JR, subway, bus dan juga untuk belanja di hampir seluruh toko sekitar wilayah Kansai.

 

4. Pitapa




 

Wilayah kerja utama Pitapa adalah area Kansai dan sekitarnya. Namun kamu juga bisa menggunakannya di Nagoya, Kyoto, Osaka, Nara, Kobe dan Himeji. Yang perlu diingat adalah bahwa Pitapa hanya berlaku untuk operator transportasi non-JR dan bersistem postpaid kebalikan dari kartu lainnya yang bersifat prepaid. Hal ini berarti kamu tidak perlu mengisi ulang kartu karena pengeluaran secara instan akan diambil perbulan dari rekening bank yang kamu cantumkan pada saat pertama kali mendaftar.

 

5. Toica




 

Toica adalah singkatan dari Tokai IC Card dan merupakan produk dari JR Central. Kamu bisa menggunakannya untuk naik kereta, subway dan bus di area Nagoya dan beberapa area di Prefektur Shizuoka. Bonusnya, kamu juga bisa menggunakan kartu Toica untuk belanja atau makan di took-toko yang ada di dalam stasiun sekitar dua area tersebut.

 

6. Manaca




 

Manaca Card hanya berlaku untuk operator transportasi dari perusahaan privat. Jadi tidak bisa digunakan untuk kereta milik JR group. Ruang lingkupnya hanya di area Nagoya dan berlaku untuk kereta, subway serta bus.

 

7. Kitaca




 

Nah, jika ingin keliling Sapporo, gunakan kartu Kitaca, ya. Kartu yang memiliki logo flying squirrel ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran hampir semua alat transportasi JR di seluruh area ini. Jadi tidak cuma kereta, kamu juga bisa menggunakannya untuk naik subway, bus bahkan tram.

 

8. Sugoca




 

Sugoca Card adalah produk milik JR Kyushu dan dapat digunakan hampir di seluruh area yang ada di pulau Kyushu. Tak hanya di Fukuoka, kota utama di Kyushu, tapi juga area Kumamoto, Kagoshima, Oita dan Nagasaki. Dan sejak tahun 2011, Sugoca juga bisa digunakan untuk jalur Osaka-Kobe-Kyoto, Okayama-Hiroshima dan di pusat kota Nagoya setelah adanya kerjasama dengan JR Central dan JR West.

 

9. Nimoca




 

Nimoca dibuat khusus bagi pengguna kereta dan bus milik operator Nishi-Nippon Railroad atau Nishitetsu. Ruang lingkup utamanya adalah kota Fukuoka tapi juga bisa digunakan di beberapa kota lain di pulau Kyushu.

 

10. Hayakaken




 

Kartu pintar terakhir yang bisa kamu dapatkan di Jepang adalah Hayakaken. Kartu ini hanya berlaku di Fukuoka dan hanya dapat digunakan untuk subway.

 

Nah, sekarang kamu sudah tau kan jenis kartu dan area kerja dari masing-masing kartu. So, kalau kamu ke Jepang, jangan lupa beli kartu pintar ini supaya liburanmu makin mudah dan nyaman.