Nature & Adventure

10 Pesona Alam Australia yang tidak boleh dilewatkan

On 9 June 2017 - 10:48am

Benua Australia berada di belahan bumi bagian selatan yang merupakan benua terkecil di dunia. Letaknya tidak jauh dari Indonesia namun Australia memiliki iklim yang berbeda terutama di kawasan bagian selatan, kawasan ini memiliki 4 musim, yaitu musim panas, gugur, dingin dan semi. Namun berbeda dengan negara-negara di belahan bumi utara, sebaliknya Australia mengalami musim dingin di pertengahan tahun antara bulan Juni hingga Agustus begitu juga dengan musim-musim yang lain.

Saat kalian memutuskan untuk berkunjung ke negeri  kangguru ini, kamu akan diajak bertemu langsung dengan penduduk asli Australia adalah Suku Aborigin namun saat ini penduduk Australia di dominasi warga kulit putih yang merupakan keturunan bangsa Eropa. nah, makanya Australia punya banyak sekali tempat wisata. Berikut ini adalah tempat wisata yang ada di Australia yang wajib anda kunjungi :

1. Great Barrier Reef, Queensland

Perjalanan panjang untuk menemukan keajaiban alam yang menakjubkan di Australia bisa kalian mulai dari “The Great Barrier Reef”. Tempat ini banyak menyuguhkan kehidupan laut paling luar biasa di Australia, seperti banyaknya spesies ikan dan penyu. salah satu ikonik tempat ini yaitu Lumba – lumba juga bisa kamu saksikan langsung disini.

 




 

Setibanya disini kamu akan disambut dengan perairannya yang hangat dan juga jernih serta akses yang begitu mudah untuk mencapai tempat ini. Perlu kamu ketahui juga gugusan karang disini menjadi tujuan wisata terbaik untuk kalian yang hobi dengan snorkeling atau dunia dibawah laut yang ditawarkan untuk kamu explore sepanjang 2600 kilometer. 

 



2. Twelve Apostles, West Victoria

Twelve Apostles adalah beberapa formasi bebatuan berupa pilar dengan berbagai bentuk yang terletak di pesisir Port Campbell National Park di Great Ocean Road, Victoria. Berbeda dari namanya, pilar-pilar batu yang ada tidak berjumlah dua belas (hanya ada 9 pilar di Twelve Apostles). karena sebagian besar roboh terkikis oleh derasnya ombak laut. Karena tempatnya yang lumayan jauh dan daripada kamu nyasar alangkah baiknya kamu menggunakan public trasportation yang sudah disediakan oleh pemerintah. so, gak perlu ragu untuk kesini.

 




 

Tapi, kamu tidak perlu merasa kecewa dulu karena tempat ini masih menawarkan keindahan yang lainnya, Seperti halnya berjalan di sepanjang pesisir pantai jika ombak sedang bagus - bagusnya. Buat kamu yang suka berfoto selfie tempat ini sangatlah cocok juga, tapi tetap utamakan keselamatan juga ya, karena berdiri diatas tebing sambil menunggu sunset dengan ditemani sileut merupakan waktu terbaik kalian.

3. Kakadu National Park, Northern Territory

Sekitar 170 km sisi sebelah selatan kota Darwin, Taman nasional Kakadu ini hampir 20.000 persegi kilometer luasnya bahkan lebih luas dari Negara Slovenia. kamu juga akan disuguhkan drama jutaan burung yang terbang untuk bermigrasi, atau sekedar berjalan jalan di antara lahan basah dan melihat bunga teratai yang indah dengan ditemani buaya prasejarah disetiap aliran sungainya, seru bukan !.

 




 

Untuk lebih mengesankan lagi kamu diwajibkan juga untuk mengunjungi air terjun dengan suara gemuruh air yang jatuh terdengar dari kejauhan dengan ditambah kolam yang segar siap menyambut kamu untuk segera menceburkan diri. tempat ini cocok sekali untuk merefresh kamu yang penat dengan tekanan kerja dan kebisingan perkotaan.

 




 

Semua itu bisa kamu nikmati di taman nasional ini secara percuma. Asal kalian tau saja nih! Taman ini masuk di daftar Warisan Dunia UNESCO karena adanya seni cadas Aborigin original yang diperkirakan berusia lebih dari 40.000 tahun dan situs yang lainnya benar-benar luar biasa saat anda berlibur disini.

4. Shark Bay, North Perth

Kawasan Warisan Dunia Shark Bay adalah salah satu situs di dunia yang memenuhi keempat kriteria alam untuk masuk dalam daftar Warisan Dunia. Kawasan seluas 2,2 juta hektare yang sangat luas ini merupakan tempat wajib dikunjungi jika kamu ingin melihat kehidupan laut yang berlimpah.

 




 

Sebuah teluk yang besar dan dangkal di bagian paling barat Australia, sekitar 650 kilometer di sebelah utara kota Perth ini tidak hanya menawarkan buat kamu yang suka dengan kegiatan air saja kamu juga bisa pilih optional tur dengan berkunjung ke suku asli Australia dan belajar kehidupan ala Aborigin. kamu juga diwajibkan memakai sun block ya karena suhu disini sangatlah panas ditambah gersangnya lahan pasir akan membuat kalian cepat dehidrasi.

 




 

Disini ada lebih dari 10.000 duyung di daerah ini dan lebih dari 12% dari populasi dunia!, serta ditambah lagi banyaknya lumba-lumba hidung botol, yang terkenal sangat ramah sehingga kamu bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Sekarang, hampir setiap pagi lumba-lumba mendatangi pantai Monkey Mia, sering kali bersama anak-anak mereka. Menarik bukan!.

5. Mackenzie Falls, Northern Grampians

Terletak di Grampians, wisata alam yang indah ini terletak di Negara bagian Victoria, Air terjun Mackenzie namanya yang merupakan air terjun terbesar di Australia. Tak perlu khawatir kawasan ini mudah anda jangkau dan sangat cocok untuk segala usia.

 




 

Untuk melihat air terjun, kamu bisa mengambil jalur khusus pejalan kaki sepanjang satu kilometer ke titik observasi di Bluff (bisa diakses dengan kursi roda), atau memilih jalur yang sedikit curam ke dasar air terjun (30 menit, yang hanya bisa dilewati satu arah). Air terjun MacKenzie  yang tingginya 30 meter sangat interaktif sekali jika kamu beruntung sepanjang tahun air terjun ini kerap mengeluarkan kabut pelangi di bawah sinar matahari yang membuat kamu enggan untuk meninggalkan Australia.

6. Uluru, KataTjuta

Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Australia dan wajib menjadi destinasi terbaik anda. Uluru atau Ayers rock adalah formasi bebatuan yang sangat besar dan berada di tengah tengah gurun merah bahkan tinggi menara Eifell yang ada di Paris masih kalah

 



Jika kamu ingin sedikit tantangan, mungkin melihat pemandangan uluru dari atas juga bisa kalian lakukan disini dengan sedikit naik ke batuan besar dan pastikan kondisi badan kamu lagi baik, ya. 




 

Ingat!! yang kalian lihat ini bukanlah sebuah gunung melainkan sebuah bongkahan batu yang super besar jadi tetap utamakan Safety First, ya. Atraksi lain yang ditawarkan si batu besar ini adalah Ketika turun hujan, air hujan yang mengalir menuruni permukaannya terlihat seperti air terjun kecil yang unik. Tak hanya itu, yang paling mengesankan warna permukaan batu besar ini bisa berubah di waktu-waktu yang berbeda. Yang paling mencolok adalah warnanya yang menjadi merah saat matahari terbenam atau menjelang pagi.

7. Daintree Rainforest, North Cairns

1,200 kilometer persegi luasnya, hutan hujan Daintree Queensland Utara menjadi hutan terbesar di Australia. Hutan hujan ini dikenal sebagai rumah bagi spesies eksotik reptile, kelelawar, katak, dan kupu-kupu. Ditambah lagi hutan hujan ini berada di sepanjang garis pantai. wisata umum juga bisa kamu nikmati juga yang sudah tersedia disini.

 






 

Istilah back to nature sangat pas jika kamu memutuskan untuk berkunjung disini karena kamu akan disuguhkan dengan kehidupan ala aborigin dari mulai membuat kesenian bahkan sampai cara bertahan hidupnya akan menjadikan pegalaman terbaik sepanjang hidup kamu. Menyusuri jernihnya aliran sungai, mandi di segarnya kolam air terjun, trekking untuk menuju bukit atau berjalan di sepanjang pesisir pantai dengan latar belakang daintree forest bisa kamu nikmati secara percuma dan pastinya gak cukup waktu sehari.

 




 

8. Summerland Beach, Phillip Island

Di Phillip Island, kamu bisa melihat langsung melihat para penguin berbaris lucu menuju daratan, untuk itu datanglah paling awal agar mendapat tempat paling depan, pilihlah tempat yang paling dekat dengan pantai dan jalur para penguin. Penguin yang ada di Phillip Island adalah jenis kecil dan merupakan satu-satunya jenis spesies penguin yang ada di Australia. Penguin-penguin ini setiap harinya berkelana di lautan, pada saat matahari terbenam para penguin agar kembali ke Phillip Island ini. Phillip Island sudah seperti rumah bagi para penguin ini.

 




 

Kawasan Penguin Parade ini berlokasi di areal Pantai Summerland. Di zona Penguin Parade, setiap malamnya kamu akan dibuat terkesan melihat kaki - kaki mungil para penguin berjalan beriringan untuk kembali pulang. 

9. Kangaroo Island 

Kangaroo Island merupakan pulau terbesar ketiga di Australia. Pulau ini tujuh kali lipat ukuran negara Singapura sehingga ditetapkan sebagai Taman Nasional dan masuk di area pulau konservasi. Karena ukurannya yang begitu luas, kamu harus menggunakan bantuan pemandu lokal untuk menjelajahi pulau ini.

 




 

Sesuai namanya pulau ini memang menjadi tempat habitat terbanyak dari pulau - pulau lain di Australia sebagai tempat tinggal ikon negara kangguru.

 

10. Mt. Hotham

Musim dingin di Australia berlangsung dari Juni hingga Agustus di hampir seluruh penjuru negeri. Kendati terletak di khatulistiwa selatan, salju juga turun di sana. Pegunungan bersalju membentang dari kawasan New South Wales dan Victoria

 



Anda juga dapat meluncur dengan papan luncur salju melintasi half pipe dan terrain park di Gunung Hotham atau di lereng bukit Gunung Buffalo. Pilihan seru lain adalah mengikuti penjelajahan dengan sepatu salju dari Gunung Baw Baw menuju Gunung St Gwinear dan naik toboggan atau kereta luncur di Lake Mountain yang permai. Cobalah juga snow tubbing atau sledding yang sangat menyenangkan. Sekadar membuat boneka dan perang salju juga mengasyikkan lho.

Saat berwisata ke gunung salju, Anda akan melihat binatang-binatang khas Australia berkeliaran. Mungkin saja ketika Anda bermain ski akan bertemu dengan kanguru, wombat, burung-burung cantik atau koala. Sungguh pengalaman berski khas yang hanya ada di Australia.

Australia tak pernah kehabisan cara untuk memikat pengunjungnya. Bahkan sebenarnya, Tak ada kata bosan untuk mengunjungi spot yang sama lagi dan lagi. Tapi tak ada salahnya bukan mencoba sesuatu yang baru. Dengan begitu, pengalaman wisata dan kekaguman kamu terhadap Australia terbayarkan. Dan jika kamu sudah siap menjelajah Australia lebih jauh, pastikan sepuluh destinasi di atas masuk dalam daftar kunjungan ya! Selamat liburan.