Festivals

7 Festival Terbaik Musim Salju Di Jepang

On 5 October 2017 - 4:10pm

Berbicara tentang musim dingin, kali ini HALO TOUR akan memperkenalkan 7 festival salju yang terkenal di Jepang. Jika Anda berkunjung ke Jepang saat musim dingin, jangan lupa untuk mampir ke salah satu festival ini ya!

Di berbagai area di Jepang, meskipun memiliki musim yang sama namun suhu udara antara utara dan selatan bisa sangat berbeda. Di beberapa dareah mungkin turun hujan salju, ada juga yang tidak hujan salju. Bagi Anda yang ingin melihat salju maupun yang tidak ingin terkena hujan salju sebaiknya cek situasi cuaca terlebih dahulu.

Bagi yang ingin melihat salju, HALO TOUR merekomendasikan Anda untuk datang melihat festival salju. Setiap tahunnya di setiap daerah di Jepang diselenggarakan festival salju yang merupakan salah satu acara penting saat musim dingin.

1. Hokkaido: Sapporo Yuki Matsuri (Festival Salju Sapporo)

Letaknya yang berada di ujung Utara wilayah Jepang, menjadikan wilayah ini merupakan wilayah pertama turunnya salju. Setiap tahunnya di bulan Februari di Kota Sapporo yang merupakan pusat pemerintahan wilayah Hokkaido diadakan festival salju terbesar di Jepang yang juga sangat populer di seluruh Jepang. 

Poin utama dari festival ini adalah memamerkan bangunan-bangunan yang dibuat dari es dan salju. Di festival ini terdapat banyak sekali pahatan es dan salju yang dapat dilihat oleh pengunjung yang datang dari berbagai tempat di Jepang. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati dunia es saja, di sini juga tersedia stan makanan minuman, serta tempat beristirahat jadi bagi Anda yang membawa serta keluarga bisa tetap merasa tenang.

2. Hokkaido: Asahikawa Fuyu Matsuri (Festival Musim Dingin Asahikawa)

Masih di area yang sama di Hokkaido, tepatnya di Kota Asahikawa setiap tahunnya diselenggarakan “Asahikawa Yuki Matsuri” (Festival Salju Asahikawa). Kota Asahikawa terletak lebih utara daripada Kota Sapporo, jadi hujan saljunya pun juga datang lebih awal dibandingkan Sapporo. 

Jika bicara tentang Asahikawa tempat wisata yang terkenal adalah Kebun Binatang Asahiyama, namun ada juga alternatif wisata lain, yaitu festival salju yang diselenggarakan di Asahikawa. Bahkan festival ini pernah memecahkan rekor Guiness Book of Records untuk 'Pahatan Salju Terbesar'! Pemandangan spektakuler ini hanya bisa dinikmati di festival salju pada musim dingin saja.

Gambar di atas adalah pahatan es dari salah satu situs warisan dunia yang ada di Okinawa, yaitu Kastil Shuri. Disinilah tempat satu-satunya Anda bisa menyaksikan Kastil Shuri berwarna perak!. Pahatan ini dibuat dalam kurun waktu sekitar 1 bulan. Selain itu, pada periode yang sama juga diselenggarakan kompetisi internasional memahat es. Pada saat malam hari di sini dipasang light up sehingga akan memberikan suasana romantis.

3. Prefektur Aomori: Yuki-Doro Matsuri (Festival Lentera Salju)

Sebagai prefektur paling utara dari wilayah Tohoku, di Aomori salju mulai turun pada sekitar awal bulan November. Saat musim dingin, salju menumpuk di area ini dan mengubah prefektur ini menjadi dunia perak. Di Prefektur Aomori tersebut, tepatnya di Taman Hirosaki, setiap tahun diselenggarakan “Hirosaki Castle Yuki-Doro Festival” (Festival Lentera Salju Kastil Hirosaki). Di Taman Hirosaki ini juga terdapat Kastil Hirosaki yang terdaftar sebagai situs warisan sejarah Jepang.

Pada masa sekarang, kata "doro" atau "toro" (lentera) pada festival ini memiliki arti yang sama dengan kata "gaito" (lampu jalan). Hirosaki Castle Yuki-Doro Festival ini telah diselenggarakan sejak tahun 1977. Masyarakat setempat membuat lentera-lentera buatan tangan sendiri untuk memeriahkan musim dingin yang cukup panjang di daerah mereka. Festival di musim dingin yang diselimuti kehangatan seperti ini hanya diselenggarakan dalam waktu beberapa hari saja. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa jadwal penyelenggarannya terlebih dahulu agr liburan anda tidak zonk.

4. Prefektur Iwate: Iwate Yuki Matsuri (Festival Salju Iwate)

Setiap tahunnya, banyak sekali pengunjung yang datang ke festival yang diadakan di area Pertanian Koiwai, di Desa Shizukuishi, Prefektur Iwate ini. Selain itu, setiap tahunnya sesuai dengan tema yang ditentukan di festival ini dipamerkan pahatan-pahatan salju besar. Misalnya, tahun 2015 yang mengangkat tema “Romantisme Impian Pulau Harta Karun Iwate” (Yume Roman Iwate Takarajima), dibuatlah sebuah labirin raksasa.

Pada festival ini juga dibuat fasilitas bermain kereta luncur untuk anak-anak sehingga festival ini dapat dinikmati oleh berbagai usia mulai dari orang dewasa sampai anak-anak.

Di Festival Salju Iwate ini pengunjung akan menemukan daya tarik yang sedikit berbeda dari festival salju kebanyakan. Di sini Anda bisa mencicipi masakan khas daerah Hokkaido dan wilayah Tohoku, yaitu Gengis Khan yang berbahan dasar daging domba. Hal yang menarik adalah saat festival berlangsung, proses pembakaran daging domba tersebut dilakukan di dalam kamakura (rumah salju)!

Jadi, pastikan Anda mencoba menikmati kuliner ini ya!

5. Prefektur Niigata: Tokamachi Yuki Matsuri (Festival Salju Tokamachi)

Festival Salju Tokamachi adalah festival yang diselenggarakan di Prefektur Niigata. Festival yang mengusung konsep “berteman dengan salju” dan “menikmati salju” ini selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya.Festival ini termasuk dalam 3 Festival Salju Terbesar di Jepang (bersama dengan Sapporo Yuki Matsuri di Hokkaido dan Minamiuonuma-shi Yuki Matsuri di Prefektur Niigata).

Daya tarik utama di festival ini ada 3, yaitu Yuki no Geijutsu Sakuhin tempat pameran karya seni yang terbuat dari salju, Setsujo Carnaval panggung besar dari salju tempat diadakan pertunjukkan konser dan hiburan, serta Community Hiroba tempat yang dilengkapi dengan yatai (kedai) dan area bermain seluncuran untuk anak-anak. 

6. Prefektur Tochigi: Yunishigawa Onsen Kamakura Matsuri (Festival Yunishigawa Onsen Kamakura)

Di Prefektur Tochigi tepatnya di salah satu kota wisata populer, Kota Nikko terdapat tempat wisata Yunishigawa Onsen. Di area ini salju mulai turun sekitar pertengahan November. Dikelilingi daun musim gugur yang indah, tempat ini sempurna bagi Anda yang ingin melihat pemandangan peralihan dari musim gugur ke musim dingin. Jika membahas tentang musim dingin di Nikko, salah satu acara yang terkenal adalah Festival Kamakura. Festival ini memiliki pemandangan romantis dan terdaftar sebagai situs warisan pemandangan malam di Jepang. Selain itu, festival ini terkenal sebagai tempat kencan yang populer di Jepang.

Sesuai dengan namanya, Fesival Kamakura (Festival Rumah Salju) ini menjadikan rumah-rumah salju sebagai objek utama dalam acaranya. Pada siang hari, pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti bermain seluncur atau barbecue.

Saat malam hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah berupa hamparan cahaya di seluruh area festival. Cahaya tersebut berasal dari lilin-lilin yang diletakkan di dalam mini kamakura (rumah salju mini).

Silakan membuat kenangan romantis di Kota Onsen, Nikko!

7.  Yamanakako Matsuri (Mt. Fuji Winter Festival)

Di dekat gunung yang paling terkenal di Jepang, Gunung Fuji, atraksi yang terdapat di sekitar wilayah ini akan membuatmu serasa ada di film-film Jepang! Festival musim dingin Yamanakako ini bisa dinikmati oleh berbagai umur mulai dari anak kecil hingga dewasa. Bermain di festival musim dingin ini, kita bisa melihat langsung indahnya gunung fuji secara langsung. Selain itu, bonus lain yang bisa kamu dapatkan disini adalah pemandangan indah Fuji Five Lakes.