Festivals

Hot Event! Loy Krathong 2016 : Festival Cahaya Khas Thailand

On 11 November 2016 - 10:56am

"Catat! Tahun ini, festival Cahaya “Loy Krathong” di Thailand akan berlangsung pada tanggal 14 November. Jangan sampai ketinggalan ya!"

 

Salah satu festival yang paling menarik di Thailand adalah Loy Krathong. Loy sendiri berarti mengambang sedangkan Krathong artinya perahu kecil. Sehingga, sudah bisa dibayangkan bagaimana perayaan tahunan ini dilakukan. Yup, yaitu dengan cara menghanyutkan rakit-rakit kecil berbentuk bunga tulip dengan berbagai hiasan berupa bunga dan lilin di sungai, danau hingga kanal-kanal.

Festival cahaya ini jatuh tiap bulan ke dua belas penanggalan Thailand atau bulan November tiap tahunnya. Dimulai di malam hari, bayangkan saja bagaimana dramatis dan romantisnya suasana festival ketika sungai-sungai dipenuhi dengan kerlipan lilin dibawah sinar bulan. Cantik bukan? Kabar baiknya, banyak kok kesempatan terbuka bagi kalian jika ingin ikut serta dalam perayaan ini. Datang saja ke Chiang Mai atau Bangkok lalu beli krathong yang banyak dijual, kamu pun siap untuk lifetime memory di Thailand.

 

Bagaimana Sejarah Loy Krathong?

Jika harus bercerita tentang sejarah asal muasal festival Loy Krathong, bisa dibilang cukup kompleks dan orang-orang Thailand pun punya banyak alasan mengapa mereka merayakannya. Jatuh setelah musim panen, sebagian berkata festival ini bertujuan untuk berterimakasih kepada dewa air untuk hasil panen yang melimpah, sekaligus meminta maaf karena telah mengotori air. Dan yang lain percaya bahwa Loy Krathong adalah simbol “menghanyutkan” amarah dan segala perasaan negatif yang tersimpan sejak lama.



 

Mereka percaya, jika lilin yang ada di krathong masih menyala sampai rakit tersebut hilang dari pandangan, maka satu tahun kedepan dapat dipastikan hidup akan dipenuhi dengan keberuntungan.

Dahulu, Loy Krathong hanya dilakukan di sungai atau kanal yang disebut klongs. Namun semakin modern zaman, semua yang memiliki air bisa dijadikan spot melarung krathong termasuk danau bahkan kolam. Serangkaian acara budaya sudah dilangsungkan beberapa hari menjelang acara puncak. Di Bangkok contohnya, kamu dapat menikmati suguhan tari tradisional Ram Wong atau menyasikan serunya kompetisi membuat krathong.  Tapi untuk pengalaman Loy Krathong yang lebih autentik dan lengkap, Chiang Mai adalah destinasi terbaik karena kamu juga dapat menyaksikan festival Yi Peng, festival lentera terbesar di Thailand, sehari menjelang hari H.

 

Kemana untuk Menyasikan Loy Krathong?

Hari “H” Loy Krathong sudah dekat. Harus kemana ya untuk dapat menyaksikan juga ikut serta dalam perayaan super atraktif tersebut? Setidaknya ada beberapa pilihan bagi kamu. Yang paling meriah adalah di Chiang Mai dan jika tak ingin jauh-jauh meninggalkan pusat kota, Bangkok pun bisa jadi alternatif. Well, sebenarnya Loy Krathong paling terkenal di 4 kota yaitu: Sukhothai, Ayutthaya, Chiang Mai and Bangkok.

 

Sukhothai

 



 

Wilayah Sukhothai berlokasi di sisi utara Thailand. Area ini cukup dikenal karena menyimpan reruntuhan kerajaan Sukhothai yang pada zaman dahulu merupakan pusat pemerintahan Thailand. Di spot ini lah Loy Krathong di Sukhothai selalu dirayakan. 2 minggu berturut-turut, kuil dan pagoda-pagoda kuno terlihat semakin aksotis dengan gemerlap krathong yang dilarung di kolam-kolam sekitar. Ditambah dengan parade budaya, pertunjukan kembang api dan konser musik, kota tua Sukhothai makin meriah oleh pengunjung.

 

Ayutthaya

Vihara Wat Phananchoeng Worawihan di Ayutthaya adalah salah satu harta karun penting yang menyimpan sejarah panjang negara Gajah Putih. Reruntuhan kota tua yang memang tak pernah sepi ini akan semakin semarak saat ada Festival Loy Krathong. Setelah menikmati berbagai pergelaran yang berpusat di halaman vihara, peserta kemudian akan berbonding-bondong menuju sungai Chao Phraya yang berlokasi persisi disebelah vihara untuk melarung sesajen dan lilin-lilin yang akan mengalir terus hingga ke Bangkok.

 

Chiang Mai

Well, inilah spot terbaik untuk menyaksikan Loy Krathong: kota Chiang Mai. Banyak yang percaya bahwa festival ini sebenarnya bermulai di kota Chiang Mai sebelum akhirnya kemeriahannya semakin menyebar ke seluruh penjuru Thailand.



 

Titik kumpul perayaan Loy Krathong di Chiang Mai adalah sungai Ping dan parit di sekeliling kota tua. Kemudian disusul dengan pelepasan lentera api khom loy dan khom fai dari pusat kota tua. Di Chiang May, perayaan Loy Krathong juga hanya beda sehari dengan festival Yi Peng atau festival lentera terbesar di Thailand. SO, bisa dibayangin kan gimana serunya?

 

Bangkok

 



 

Jika di Chiang Mai Loy Krathong terasa tradisional dan kompleks, di Bangkok festival ini terasa sederhana tapi tetap meriah. Sejak tahun 2013, spot perayaan utama adalah di Asiatique, pusat belanja dan pasar malam modern yang berlokasi persisi di tepian sungai Chao Phraya. Kamu bisa dengan mudah menemukan stan penjual krathong di sana dan bersama-sama melarungkannya di sungai. Eits, tunggu dulu, ternyata kamu juga bisa menyimak sejarah Loy Krathong dari tarian tradisional yang akan menjadi salah satu hiburan menarik selama perayaan.

 

Gimana, sudah tau kan harus kemana kalau ingin ikutan dalam kemeriahan festival Loy krathong? Acaranya sudah sebentar lagi loh! Tapi tenang, Halo Tour siap mengatar kamu segera. Yuk liburan!