Festivals

Wet Event : Kemeriahan Perang Air di Songkran Festival

On 11 January 2017 - 9:21am

Pernah denger atau ikutan ice bucket challenge yang booming diawal tahun 2016 lalu? Bagi masyarakat Thailand hal itu sudah biasa bahkan ada di jaman dulu, mungkin trend saat itu terinspirasi dari  “Songkran” festival!!! penasaran ya apa itu Songkran festival , kunjungi homepage kami di Halotour.com dan kami siap membawa anda untuk berbasah-basahan di salah satu festival penting di Thailand.

Hanya Setahun sekali lho! tapi memorinya bertahun-tahun. Coba kamu bayangkan saja lautan manusia akan turun ke jalan saling menyemprotkan air satu sama lain tanpa perlu mengenal terlebih dahulu dan jangan pakai emosi yaa!!. jika kamu tidak ingin gigit jari barang berharga kamu rusak atau basah pastikan untuk menaruh dirumah atau membeli waterproof di pinggir jalan.

Apa itu Songkran Festival ?

Wait, it minutes!!! Sebelum menelusuri spot spot terbaik untuk join di songkran festival, kamu wajib mengetahui makna dari perayaan tersebut. Perang air ini awalnya berasal dari tradisi orang-orang yang saling mencipratkan air bekas mencuci patung tujuannya biar dapet keberuntungan sama keberkahan, serta membersihkan diri dari segala keburukan. Mark your calender now !!! Tepat di bulan April saat cuaca di Thailand lagi panas-panasnya, kamu bisa mandi dengan puas di sepanjang jalan, penasaran tempat mana yang wajib kalian kunjungi saat festival songkran

 

1. Bangkok

Khao San Road merupakan sebuah jalan tempat berkumpulnya para wisatawan yang menjadi pusat kehidupan malam di kota Bangkok. kawasan ini wajib kamu kunjungi jika tiba di Bangkok terkenal juga dengan food streetnya yang lezat. Terutama saat perayaan (songkran) kawasan ini akan tumpah ruah berkubik-kubik air dan pastikan kamu siap untuk basah lebih dini, dan uniknya lagi kamu bisa berkeliling pakek bajaj jika di Indonesia dan berkeliling sekitaran Khao San Road selama songkran festival.



 

Suasana akan terasa berbeda jika kamu lebih memilih untuk merasakan perayaan songkran secara spiritual, dan penuh makna budaya di Phra Pradaeng District. Kamu tidak hanya bisa memercik air disini tetapi juga menikmati berbagai kegiatan budaya, seperti upacara Thai-Ramn bendera, 'saba' permainan, tarian Raman, lomba perahu, parade bunga mengapung, dan masih banyak lagi. Di Phra pradaeng district nanti kamu akan melihat orang -orang Thailand dengan baju tradisional mereka

2. Chiang Mai

Bisa dikatakan bahwa semua kota di Thailand menyelenggarakan Festival Songkran, tapi Bangkok, Chiang Mai, dan Phuket lah yang paling ramai dan dipadati para wisatawan. Di Chiang Mai, kamu tak akan kesulitan mencari tempat-tempat yang asyik buat perang air. Salah satunya kamu bisa mengikuti upacara pembukaan perang air di Chiang Mai.



Di sini, kamu bisa ikut parade keliling kota dan menyaksikan bagaimana warga lokal melakukan tradisi siram air beraroma wangi ke patung Buddha dan orang-orang yang lebih tua. Setelah itu, kamu siap menembak atau ditembak dengan pistol yang penuh terisi air dengan suara tawaan yang penuh suka ria setiap kali kamu menembak dengan pistol air atau ember besar.

3. Phuket

Kemeriahan dan antusiasme tahun baru juga bisa kamu rasakan di Phuket. Di waktu perang air, kota ini berubah drastis, bukanlah Phuket yang biasanya. Di pinggir jalan, kamu bisa melihat mobil tangki yang penuh berisi air dan siap menyemprot setiap orang yang melintas dengan wajah penuh senyuman! Biasanya Titik teramai yang kamu bisa kunjungi adalah Patong Beach, tepatnya di Bangla Road dan Beach Road. Nah disitu relakan badan kamu dengan ditembaki waterguns ya!



 

Kebayang bukan kalo di kita punya "Lebaran", maka di Thailand ada "Songkran" atau Festival Songkran yang sudah kamu tau yaitu perayaan untuk tahun baru Buddhist di Thailand. kamu pasti masih agak bingung dengan perhitungan kalender Thailand ya!! jangan terlalu diambil pusing lah, mark your calendar on April only April remember!! dan kami (Halo Tour) siap menemani liburan kamu.